rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

11 June 2009

TeP-UGM Road To Sinar Sosro-Ungaran: Part I

Rabu, 10 Juni 2009
PT. Sinar Sosro
Jln. Raya Semarang-Bawen Km.28 No.118
Cab. Ungaran, Kec. Bergas, Kab. Semarang, Jawa Tengah


Proses Produksi Teh Botol Sosro
Siapa yang tak kenal minuman yang satu ini? Produk Indonesia ini sudah lekat di hati masyarakat Indonesia. Apapun...enaknya minum teh botol Sosro!
Begitulah kira-kira slogan produk ini. Pada tanggal 10 Juni 2009 kemarin, Mahasiswa yang mengambil mata kuliah Teknik Produk dan Proses Pertanian I, dan Teknik Sanitasi Industri Jurusan Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada berkesempatan untuk mengunjungi dan melihat proses produksi teh botol Sosro.
Teh botol Sosro dibuat dari 3 bahan baku yaitu, teh hitam, air, dan gula. Daun teh didatangkan langsung dari perkebunan teh (Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Jawa Barat) milik Rekso Group yang merupakan perusahaan utama yang menaungi PT. Sinar Sosro dan anak perusahaan lainnya. Daun teh yang digunakan merupakan 3 lembar daun pucuk teratas. Daun teh segar lalu diproses menjadi teh hitam. Air yang digunakan pun tidak sembarangan. Air tersebut berasal dari kedalaman 150 m di bawah permukaan tanah, sehingga kebersihannya terjamin serta tidak merusak lingkungan sekitar. Air melewati tahap pelunakan air untuk menghilangkan kesadahannya dengan menggunakan softener buffer. Sedangkan gula yang dipakai sebagai pemanis juga merupakan gula pilihan yang berasal dari industri yang baik dan tepat guna.
Teh hitam direbus bersama dengan air pada suhu 100°C hingga menghasilkan sirup teh pahit. Gula juga direbus dengan air pada suhu 100°C hingga menghasilkan sirup gula. Kedua hasil perebusan tersebut kemudian dialirkan ke tangki pencampuran untuk disatukan. Setelah menyatu, sirup teh manis ini disterilkan pada suhu di atas 90°C. Setelah penyetrilan, sirup teh manis tersebut dialirkan melalui pipa stainless steel ke tangki penampungan, kemudian diisikan ke botol-botol steril, lalu ditutup dengan tutupnya yang juga steril untuk mencegah kontaminasi udara luar. Teh yang telah dikemas tersebut kemudian dicuci lagi dengan air panas, lalu dilihat keseragaman warnanya, dan dicetak kode produksinya. Botol-botol berisi teh tersebut siap dipindahkan ke krat-krat dan kemudian didistribusikan yang sebelumnya telah diberi perlakuan quality control terlebih dahulu.

Proses Sterilisasi Botol dan Tutup
Botol-botol yang akan digunakan disterilkan terlebih dahulu. Botol-botol tersebut dicuci dan disiram dengan air panas berkali-kali, lalu diseleksi lagi oleh pekerja pabrik. Sementara itu, tutup-tutup disterilkan dengan menggunakan sinar UV.

0 komentar: