rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

16 May 2009

Dies Natalis Emas-nya UNTAN



Universitas Tanjungpura (UNTAN) terdapat di kota Pontianak, Kalimantan Barat. Perguruan tinggi yang berstatus negeri ini berdiri pada tanggal 20 Mei 1959. Pertama kali berdiri , UNTAN berstatus swasta yang berda di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Daya Nasional, lalu dinegerikan menjadi Universitas Negeri Pontianak (UNEP) pada tanggal 16 Mei 1963. Sesuai dengan perkembangan politik dan kenegaraan pada tahun 1965, UNEP diubah menjadi Universitas Dwikora pada tanggal 14 September 1965. Setelah itu, pada tanggal 15 Agustus 1967 diubah lagi menjadi UNTAN sesuai dengan SK Presiden RI No.171 tahun 1961, dengan 8 fakultas dan jenjang pendidikan hingga strata 2.
Saat ini, UNTAN sedang mempersiapkan perayaan ultah emasnya. Acara dimulai pada tanggal 2 Mei 2009, bertepatan dengan hari pendidikan nasional. Untuk memperingati hari spesialnya ini, UNTAN menerbitkan buku bunga rampai yang berisi buku-buku yang pernah diterbitkan oleh UNTAN. Selain itu, ada juga acara seminar internasional mengenai krisis global dengan topik bahasan krisis ekonomi, krisis energi, krisis pangan, krisis lingkungan, dan krisis sosial-budaya. Topik yang terdengar klasik memang, tapi tidak da kata terlambat untuk belajar dan menganalisis isu global seperti itu. Acara seminar ini akan diselenggarakan pada 18-19 Mei 2009 dengan kerjasama antara UNTAN, ASAIHL, dan Konferensi Antar Universiti Borneo-Kalimantan. Selain itu, rangkaian ara lain yang juga diselenggarakan adalah lomba karya tulis mahasiswa tingkat UNTAN dan konvensi forum rektor Indonesia. Puncak acara rencananya akan dilangsungkan pada 20 Mei 2009 dengan orasi ilmiah dari Mendagri RI.
Walaupun, UNTAN belum punya nama besar di Indonesia, namun usahanya untuk mengharumkan namanya di dunia pendidikan patut diacungi jempol. Hal ini tampak dari usaha untuk selalu meningkatkan standarnya, memfasilitasi kegiatan mahasiswa, dan mengadakan jurusan baru setiap tahunnya. Sedikit demi sedikit namun pasti. Tidak menutup kemungkinan UNTAN menjadi 'sebesar' UGM atau UI. Untuk para mahasiswa UNTAN jangan rendah diri hanya karena mendengar orang memplesetkan UNTAN menjadi Universitas Hutan. Bagaimanapun juga kalian kader bangsa juga yang nanti turut memajukan bangsa yang tak seberapa dimata dunia internasional ini.
HAPPY ANNIVERSARY! GO UNTAN! Nama besar kota Pontianak juga bergantung padamu.
Untuk kalian yang baru lulus sma dan bingung mau kuliah dimana, atau kemarin tidak lulus USM/UM, mungkin bisa coba menjadikan UNTAN sebagai pilihan pada SNMPTN. Lihat Info Disini!

0 komentar: