rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

06 May 2009

Pontianak


Pontianak adalah ibukota dari propinsi Kalimantan Barat. Kota Pontianak terletak di lintasan garis Khatulistiwa dengan ketinggian 0,1-0,15 meter di atas permukaan laut. Pontianak juga disebut Khun-Tien oleh penduduk etnis Tionghoa. Kota Pontianak didirikan oleh Sutan Syarief Abdurrahman pada tanggal 27 Oktober 1771 yang ditandai dengan pembukaan hutan di persimpangan tiga sungai Kapuas, sungai Landak, dan sungai Kapuas Kecil. Ketiga sungai ini memisahkan kota Pontianak, sehingga kota Pontianak terbagi menjadi 3 belahan. Nama Pontianak sendiri berasal dari nama hantu, yaitu Kuntilanak, yang dulu sering mengganggu Syarief Abdurrahman saat menyusuri sungai Kapuas, sepanjang 1,1 megameter. Kota Pontianak menjadi kota yang istimewa di Indonesia dan terkenal sebagai kota air, karena keberadaan sungai tersebut, yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Selain itu, letaknya pada garis equator juga membuat kota Pontianak terkenal sebagi kota Khatulistiwa yang ditandai dengan pendirian tugu Khatulistiwa atau Equator Monument di jalan Khatulistiwa. Tugu Khatulistiwa terletak di Siantan, Pontianak Utara.

Kota Pontianak didominasi oleh suku Dayak yang merupakan penduduk asli daerah tersebut, suku Melayu, dan suku Tionghoa. Suku-suku tersebut mewarnai kultur yang ada di Pontianak. Perayaan-perayaan besar suku-suku tersebut seringkali meramaikan suasana di kota Pontianak. Seperti upacara naik dango (dayak), gawai dayak, sembayang kubur atau cheng beng (tionghoa), dan imlek.

Sambal goreng tempoyak, sotong pangkong, dan bubur padas menjadi makanan khas daerah yang lezat. Selain itu, ada minuman lidah buaya, dodol lidah buaya, dan kerupuk lidah buaya yang menjadi buah tangan khas daerah ini, yang terbuat dari tanaman aloe vera yang sedang gencar diproduksi di kota Pontianak.
Tidak ada salahnya berkunjung ke kota ini. Anda bisa melihat tugu Khatulistiwa, berkunjung ke waterfront kota Pontianak, jika anda datang pada waktu perayaan budaya suku, anda dapat menyaksikan kultur luar biasa yang menakjubkan, dan masih banyak lagi. Bagi anda yang gemar berwisata kuliner, Pontianak merupakan pilihan yang tepat mengingat julukan kota Pontianak sebagai surga kuliner.

0 komentar: